Saturday, February 19, 2011

Tips Mencari Kostan

nha ini dia ni yang harus kita ketahui kalau lagi bingung kalau nyari2 kosan :


  • LOKASI, tergantung tujuan masing2 ya guys, ada yang mau di dekat kampus, kantor, pusat perbelanjaan, dsb. . . yang jelas harus sesuai sama kebutuhan dan prioritas kita, yang bs ngebantu kita buat nghemat ongkos, dan ga cape di jalan. . . jangan di daerah yang sepi karena rawan kejahatan, dan usahakan yang jauh dr tempat sampah dan sungai yang tidak bersih, apalagi kalau dekat sutet, aduuuuuuuh ati ati ya guys. . .
  • FASILITAS, ini mah wajib banget lah ya kita semua cek dulu ke dalamnya, kmr mandinya di dlm apa di luar, bersih ga, airnya nyala ga, ada apa aja di dalamnya harus mencukupi kebutuhan kita ya. . . cukup bukan berarti mewah atau harus sama dengan di rumah kan ya, yang penting bisa nyaman buat kita dan teman2 yang akan mampir entar kalau mau nugas2 =)
  • HARGA, ini bisa disesuaikan dengan budget ya say, range2nya untuk masing2 orang beda2, jadi aku ga bahas.. . yang jelas, harus sesuai ama fasilitas yang ditawarkan. . . jangan ampe kita bayar mahal banget buat yang isinya cuma kamar kasur aja, kapuk pula, aduuuuuh. . . yaaaa pokoknya dicek dan ricek lagi ya... kalau murah tapi ga nyaman kan percuma. . .kalau mahal tapi ga sesuai kebutuhan juga percuma...harus balance deh pokoknya ;)
  • SEKELILINGNYA ADA APA AJA. jangan ampe kita susah dapetin alat transportasi buat ke mana, akses ke mana2, beli makan laundry warnet rental mesjid dsb harus dicek dulu. . . jangan ampe kita udah kayak terdampar dari kehidupan dan masyarakat sosial ya guys. . . im sure , u know what I mean. . . :)
  • KEAMANAN. ini bukan berarti nyari ada satpamnya apa ga lho. . . tapi, ada penjaga kosannya apa ga, ini mksdnya luas banget ya, bisa ibu kos (si pemilik) atau bibi yang ngurusin rumah tangga kosan, poskamling yang ntar malemnya bakal ronda2 juga penting. . . gerbangnya aman apa ga, takutnya yang bs ditembus maling kan serem. . . jendelanya diteralis apa ga Juga penting lho. . .
  • JAM MALAM. ini penting banget pastinya. . . apalagi buat yang aktif dan sering pulang malem. ..pada umumnya sih, yang paling enak itu yang jam malamnya jam 12 malam, dan yang penjaganya masih mau bukain kalau kita pulang telat selama udh ngabarin. . . kalau ga gini sih, sengsara deh, dan harus ngerepotin temen dgn nebeng semalem. . . kan kachian tmn kita yang nampung. . . :(
  • PEMBAYARAN.  gmn ni sistem pembayarannya. . . haru 1thn , 6 bulan, 3 bulan, apa 1 bulanan? ini tergantung budget kita semua dan selera ya. . . aku lebih suka yang 1 bulanan, tp adik aku lucky banget dapet yang setahunan (yang jatuhnya lebih murah pastinya).. dan lagi, kalau bawa macem2 elektronik, tanya dulu kena biaya lagi apa ga,. takutnya udh PEDE bawa macem2 eh JENG JENG kena charge gede bgt kan syg Juga. . . kalau msh wajar sih gapapa ya, tp kalau mahal banget, mendingan ga bawa..
  • BEBAS ATAU TIDAK. ada yang ga masalah kalau kosannya campur cwe cwo, tapi ada juga yang risih.. ada yang cowo boleh masuk sampai teras aja, ada juga yang blh ampe kmr asal pintu dibuka. . . beda2 aturan. . . nha ini harus dipikirin banget ya terutama buat yang cwe. . . misalnya mau privasi dan lebih aman sih sebaiknya yang girls only, tapi cowo boleh msk ampe teras atau ruang tamu, jadi kalau belajar kelompok atau EHM dijemput malem mingguan msh bisa kan.. . :)
what more ya. . .
let me think it over =)

No comments:

Post a Comment